Senin, 28 Maret 2011

Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing


Strategi yang digunakan untuk membantu pembelajaran bahasa Indonesia yaitu dengan empat keterampilan, yaitu:

- Keterampilan Menyimak
a.     Mentranskipsi bahan tugas menyimak untuk meningkatkan pemahamannya dalam menyimak dan sekaligus dapat meningkatkan kemampuannya dalam melafalkan bunyi-bunyi bahasa target sehingga mendekati pelafalan penutur asli
b.     Memperhatikan pengajar dengan seksama tatkala pengajar mengoreksi kesalahan tuturan dirinya atau tuturan pelajar lainnya.
c.     Menyimak tuturan penutur asli dengan seksama baik dari media elektronik maupun dari tuturan langsung.
d.     Memperhatikan isi maupun bentuk bahasa yang digunakan pengajar di kelas.


- Keterampilan Berbicara
a.     Meniru dan melafalkan kata-kata atau frase-frase yang digunakan penutur asli dalam rekaman.
b.     Mencoba mengingat pola kalimat yang benar yang ditemukannya sewaktu mentranskripsikan wacana bahasa target yang didengarnya.
c.     Menggunakan pola kalimat yang baik yang digunakan oleh para penulis yang baik yang dikemukakan dalam teks yang dibacanya untuk digunakan dalam berbicara.
d.     Pada tahap awal, memaksa diri untuk menggunakan bahasa target dengan tidak terlalu khawatir melakukan kesalahan dalam menggunakan bahasa tersebut.

- Keterampilan Membaca
Yaitu banyak membaca berbagai macam wacana untuk meningkatkan kemampuan membacanya dan memperluas kosakata bahasa target.

- Keterampilan Menulis
a.     Menggunakan kemampuan menulis untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa target. 
b.   Meniru gaya tulisan dan pola kalimat yang digunakan para penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar