Senin, 03 Juni 2013

Komputasional Grid



Apa jenis dari aplikasi akan grid jadi terpakai untuk?
Ada banyak penggunaan berbeda dari penggunaan grid computational dan beberapa masalah berbeda kebutuhan itu teknologi dasar yang berbeda. Pendekatan berbeda itu dapat digolongkan ke dalam lima kelas, yaitu membagikan supercomputing, tinggi throughput, atas permintaan, intensive data dan perkomputeran bersama.

Siapa yang akan mempergunakan grid computational?
Ada banyak group berbeda di masyarakat itu dapat menguntung dari satu grid. Komunitas menyukai pemerintah, pemeliharaan kesehatan, kerjasama pengetahuan dan beberapa lain-lain semua kebutuhan kemampuan untuk berbagi kekuatan data dan CPU. Sejak di situ juga beberapa area grid itu dapat dipergunakan di, kita tidak mengharapkan untuk melihat hanya satu arsitektur grid, tapi banyak berbeda.


Apa itu dilibatkan di bangunan satu grid?
Ini secara total menyesuaikan pada apa grid akan menjadi terpakai untuk, memberikan jawaban tunggal baru tidak kemungkinan. Kita membagi grid ke dalam empat group utama diorder oleh skala. Sistem berakhir, Seikat, Intranet dan
Internet

Apa pendekatan diperlukan untuk mengembangkan grid computational?
Satu kebutuhan untuk membagi grid pembangunan computational di paling tidak tiga taraf. Taraf itu seperti lapisan protokol yang membangun hari ini Jaringan Internet Seluruh Dunia. Dimana masing-masing lapisan dibakukan sangat ini menjadi kemudahan untuk mengembangkan aplikasi lagi. Pengembang dari lapisan dapat pengembang grid, pengembang alat dan pengembang aplikasi.

Apa itu dibutuhkan untuk grid computational untuk menjadi satu jasa semua orang pergunakan?
Grid pembangunan computational perlukan dibakukan untuk membuat kokohnya, efektif dan mudah ke penggunaan. Menciptakan kemungkinan untuk aplikasi baru dihasilkan secara efektif dan murah.



Pengantar   ke computational   grid

Sebagian orang mengatakan bahwa grid computational adalah di atasnya cara untuk menjadi sama halnya alami seperti daya listrik. Pemakai akhir baru mempergunakan computational daya, tapi tidak mengetahui (atau pedulikan) bagaimana cara kerjanya. Mengijinkan orang-orang, tanpa apapun pengetahuan, untuk berbagi hal-hal lanjutan menyukai waktu CPU, penyimpanan dan algoritma hanya dengan menambahkan fitur alat komputer mereka memaksa jasa sederhana. Hal-hal menyukai bagaimana pekerjaan teknologi dan darimana sumber daya ditempatkan harus disembunyikan pemakai akhir. Kemudiannya pada kita mendiskusikan lebih tentang kenapa ini belum juga telah diterapkan.

Banyak pekerjaan penelitian memerlukan kumpulan dari waktu CPU, beberapa perlukan banyak ingatan dan beberapa proyek memerlukan kemampuan untuk mengomunikasikan dengan pasti. Hari ini hebat komputer adalah tidak cukup untuk menyelesaikan kebutuhan itu. Mereka tidak mempunyai kapasitas, sekalipun mereka lakukan, ini akan tidak ada menjadi yang dapat dipertimbangkan yang hemat kepada penggunaan sumber daya ini.

Grid Computational adalah solusi untuk semua ini masalah dan banyak lagi yang lain. Mereka menawarkan satu cara tepat untuk menghubungkan banyak alat (misalnya., prosesor, ingatan dan alat IO) sehingga pemakai akhir itu dapat, kalau ijinkan, untuk mempergunakan semua alat kekuatan computational berkombinasi untuk satu tertentu sejumlah waktu. Antara lain
kalau satu peneliti perlukan untuk membuat beberapa sangat hitungan mengonsumsi CPU, dia dapat adakalanya meminjam waktu CPU dari satu grid ke satu banyak pegawai rendahan rugikan dibandingkan pinjam waktu dari satu komputer hebat. Satu grid dapat diciptakan di semua alam lingkungan dimana pemakai akhir yang punya satu komputer dengan ingatan dan CPU. Komputer adalah sering di keadaan diam dan berlalu waktu mereka hanya penggunaan 5 % kapasitas mereka. Karenanya di situ adalah banyak computational mendaya membusuk, membangun sebagai satu grid computational masing-masing pemakai akhir akan dapat nikmati
banyak computational mendaya bahwa jika tidak akan telah busuk.



Apa jenis dari aplikasi   akankah grid menjadi terpakai untuk?

Masalah berbeda harus dikerjakan di cara yang berbeda. Beberapa masalah mudah untuk mengonversi ke dalam masalah sub sementara lain harus mempergunakan teknologi dasar yang lain dan algoritma lanjutan. Juga alasan di belakang mempergunakan grid dapat membedakan secara luas. Ada lima kelas aplikasi untuk grid computational, yangkah akan didiskusikan secara terpisah.

Terdistribusi supercomputing – adalah yang pertama aplikasi kelas dan ini biasanya mengerjakan masalah kebutuhan itu jauh lebih kinerja computational dibandingkan apapun supercomputer dapat beri. Masalah yang mereka selesaikan dibagikan simulasi interaktif, simulasi ilmu kimia daya pisah tinggi, iklim memodelkan dan jauh lebih. Di sini pendekatan untuk grid computational ke pekerjaan pertama-tama ke sumber daya mahal coschedule. Karena supercomputers adalah sangat mahal dan sering terpakai oleh group berbeda simulasi harus direncanakan sumur untuk kerjakan. Yang kedua masalah itu susah untuk terbelah kepada subprocesses sebab mereka adalah
tidak selalu bebas tak terikat. Banyak upaya harus oleh karenanya jadi selesai ke konsep memajukan algoritma belahan itu masalah ke dalam subprocesses, untuk diselesaikan pada supercomputers berbeda. Algoritma itu juga harus
jadilah bersikap toleran ke latency sejak supercomputers bukan pada sama lokasi geografis, jarak menciptakan kekurangan di komunikasi. Akhirnya protokol harus dibangun untuk membuat sistem berbeda untuk mengerjakan dengan baik bersama-sama.

H igh throughput menghitung dipergunakan untuk masalah yang dengan bebas berpasangan di kontradiksi untuk masalah pada supercomputers terdistribusi. Masalah itu kemudian banyak lebih mudah kepada terbagi ke dalam subprocesses, yangkah dengan mandiri terpecahkan oleh ribuan komputer pribadi biasa.  Antara lain AMD mempergunakan ribuan komputer mereka untuk mendisain K6 mereka dan prosesor K7.

O n komputasi permintaan adalah dipergunakan untuk kerjakan jangka pendek penggunaan dari sumber daya. Alasan utama di belakang atas permintaan, adalah untuk menabung biaya oleh berbagi sumber daya. Sumber daya dapat dimajukan program untuk menyelesaikan beberapa tugas, alat menyukai kekuatan sensor dan komputer. Pekerjaan ini sebab tiap-tiap pengguna tidak memerlukan sumber daya sejak semula. Tantangan untuk membuat ini ke pekerjaan adalah untuk memperoleh satu group besar atau group dari orang-orang untuk berbagi
sumber daya mereka. Di sana harus oleh karenanya jadi penjadwalan baik. Orang-orang ini tidak boleh mau berbagi pekerjaan mereka dengan orang lain sangat grid harus melindungi terhadap pencerobohan dan tidak membocorkan keterangan. Sistem harus toleransi kesalahan jika tidak orang-orang tidak dapat lakukan pekerjaan mereka, yang yang akan berharga perusahaan pada kurang efektivitas maupun pimpinan untuk keluh. Di sana juga harus beberapa pembayaran sistem sangat itu yang penggunaan satu sumber daya traktir ini.

Perhitungan intensive data adalah dipergunakan untuk padukan sangat banyak data yang dibagikan secara geografis di database. Antara lain lakukan percobaan daya ketinggian menghasilkan petabytes dari data setiap tahun. Untuk menyimpan sekian banyak data ini harus dibagikan ke lokasi berbeda. Di sana adalah banyak ahli sains, yang kebutuhan
untuk memperoleh pegangan dari beberapa data di seluruh bumi. Di sini tantangan utama adalah penjadwalan dari volume ketinggian dari data melalui taraf berbeda dari hirarki.

Ke-lima aplikasi perkomputeran bersama yang sebagian besar biasanya membuat mungkin ini untuk orang-orang
di sekitar untuk mengerjakan dan saling berinteraksi dengan pasti dengan satu sama lain. Mereka adalah sering struktur di ruang berbagi maya, dimana mereka juga berbagi sumber daya dan data, yang juga adalah emisi utama di atas permintaan dan grid intensive data aplikasi. Tapi sini tantangan utama adalah untuk membuat mungkin ini untuk orang-orang untuk saling berinteraksi dengan pasti tanpa gangguan.

Terdapat sebuah kita dapat paham banyak alasan-alasan berbeda dan masalah untuk penggunaan grid computational. Perlukan yang teknis berbeda dekati. Ini akan oleh karenanya perlukan banyak upaya untuk membakukan teknologi grid untuk mencocokkan tiap-tiap aplikasi.



Siapa yang akan mempergunakan computational   grid?

Ada CPU melakukan ahli sains hitungan intensive, tapi di situ juga banyak group lain itu akan menguntung dari konsep dari satu grid computational.

Pemerintah – adalah satu secara relatif komunitas kecil itu akan menikmati keuntungan-keuntungan satu sistem grid di bencana seperti area tanggapi, pembelaan nasional dan penelitian. Meneliti seperti lingkungan perubahan dan lingkungan bebaskan dari percabulan, sungguh CPU menuntut dan mungkin pada tiap-tiap pemerintah daya tarik terbaik. Satu grid nasional juga dapat melayani sebagai satu “ computational memesan ” itu dapat dipergunakan pada waktunya kerawanan (misalnya.,
menghitung akibat dari satu gempa).   Grid nasional punya kerugian untuk membagikan sumber daya, ini dapat sungguh keras.

Pemeliharaan kesehatan – dapat sungguh-sungguh mengalami kekuatan dari grid. Dengan menghubungkan semua komputer dan mesin (misalnya., Mesin MRI dan Penyaring Gambar Tv Kucing) pada satu rumah sakit. Personalia rumah sakit dapat melaksanakan operasi seperti memajukan diagnose dibantu komputer pada mammograms pada komputer pribadi mereka. Aplikasi kritis hidup menyukai pembedahan telerobotic dan monitoring jantung dapat mempergunakan algoritma lanjutan untuk melaksanakan satu hasil lebih baik. Yang disebut grid pribadi dapat dipergunakan pada beberapa institusi menyediakan baiknya kinerja. Grid pribadi mempunyai kerugian untuk mengombinasikan perhitungan kritis hidup dengan lain kurang perhitungan penting, itu juga mempunyai kebutuhan untuk mengintegrasikan banyak teknologi murah.

Satu pengetahuan materi bersifat kerjasama – terdiri dari orang-orang semua di seluruh bumi di kebutuhan putus-asa dari data penelitian berbagi, aplikasi, Waktu cpu dan alat lain untuk penelitian. Ini semacam grid dipanggil satu maya satu dan adalah berkarakter oleh satu fokus mempersatukan pusat, keahlian dinamis dan satu kekurangan manajemen pusat.

Ekonomi pasar Computational – terdiri dari sistem pemakai akhir menghubungkan dengan koneksi jalur lebar.  grid publik dapat biasanya membentuk komunitas dengan daya tarik berbeda, sukai modeling keuangan, pemandangan grafis dan permainan online. Hari ini aplikasi menyukai ini berada besar-besaran di hanyalah pada area tertentu (misalnya., cari-cari hidup extraterrestrial dan mencari-cari bilangan prima). Ini susah untuk meyakinkan orang-orang untuk memberikan computational mendaya jauh, tapi di masa mendatang kita akan mungkin melihat jauh lebih aplikasi dari macam ini.

Seperti kita dapat paham di situ adalah sangat beberapa lingkup yang berbeda dimana sistem grid dapat dari penggunaan. Oleh sebab itu kita mengharapkan lihat tidak hanya satu arsitektur grid, tapi banyak. Membuat ini satu topik keras untuk sepenuhnya meliputi dan menggenggam.
Apa itu libatkan   di bangunan   satu grid?

Satu sistem grid harus memuaskan banyak pengguna berbeda dengan kebutuhan bertukar-tukar. Oleh sebab itu di situ adalah tidak ada jawaban sederhana ke yang dilibatkan di bangunan satu arsitektur grid, ini menyesuaikan pada apa sistem akan menjadi terpakai untuk. Sungguhpun ini tampak sangat tinggi mau tidak mau yang di situ hanya satu arsitektur grid, ini masih kemungkinan untuk mengidentifikasi beberapa dasar jasa yang paling grid akan terapkan.

Untuk memutuskan apa semacam jasa diperlukan di grid computational kita melihat kepada jasa dasar disediakan pada komputer konvensional yang tradisional. Kita mengasumsikan bahwa jasa pada komputer tradisional yang efektif untuk dasa warsa juga akan diinginkan di grid computational. Sistem grid juga memerlukan lagi
jasa, tapi kita mengakui bahwa ini sehubungan dengan baru area lebih rumit lebar lingkungan.
Sehingga apa semacam jasa diperlukan? Di sana harus adalah satu pengesahan proses, untuk mendirikan identitas dari pengguna saat ini. Satu otorisasi proses yang memutuskan apa semacam proses pengguna saat ini diijinkan untuk ciptakan. Masing-masing proses terdiri dari menyusupkan pelaksanaan pada satu ruang alamat sendiri dan masing-masing proses juga harus mampu ke hubungan dengan proses lain. Masing-masing proses bertindak atas dasar kepentingannya pencipta untuk memperoleh sumber daya (misalnya. menulis ke disk dan menduduki ingatan).   Penjadwalan yang deskripsikan lebih awal pada harus diambil dengan alamat dan demikian harus akuntansi mekanisme yang menjejaki dari alokasi sumber daya. Semua ini, dan banyak lagi yang lain, adalah jasa dasar itu satu sistem grid harus terapkan.

Satu pengarah utama untuk ilmu pengetahuan tentang teknik dipergunakan untuk terapkan jasa grid adalah skala. Saat skala meningkat sangat lakukan kompleksitas sistem. Karenanya kita menerapkan skala sebagai satu titik awal untuk membuat perbandingan di antara sistem berbeda menawarkan jasa dasar. Kita membagi sistem ke dalam 4 group berbeda, memulai dengan “ sistem akhir dan selesai dari dengan “ sistem Internet.

Sistem berakhir – adalah sistem perorangan menyukai komputer biasa. Ciri karakteristik untuk sistem akhir adalah kecil-kecilan, derajat tinggi homogenitas dan integrasi. Jasa dasar disediakan oleh sistem operasi yang punya kontrol absolut berlalu semua sumber daya pada komputer. Sifat alami terintegrasi dari pimpinan sistem ini untuk kinerja tinggi dan pengumpul efektif yang biar pengguna menciptakan aplikasi kinerja tinggi dengan secara relatif upaya kecil.

Seikat – satu koleksi komputer yang dihubungkan oleh satu daerah jaringan lokal kecepatan tinggi. Seikat adalah satu kesatuan homogen, mereka membedakan dari berakhir sistem terutama semata di jalannya itu masing-masing komputer yang punya satu konfigurasi terpisah. Komputer dikontrol oleh pengurus tunggal, mempunyai kontrol penuh berlalu semua sistem. Seikat memperkenalkan mempersulit faktor menyukai skala ditingkatkan (banyak komputer), membuat hal-hal menyukai algoritma untuk manajemen sumber daya dan suatu kebutuhan berfungsi mengontrol. Seikat juga mempunyai integrasi dikurangi memberikan kerugian dengan kinerja dikurangi di komunikasi seperti area.
Untuk membangun satu grid seperti kamu ini harus mempertimbangkan bahwa kamu tidak dapat mempergunakan seragam yang sama ruang alamat seperti
kamu dapat di sistem akhir. Satu pendekatan untuk menyelesaikan masalah ini adalah untuk mempunyai satu ingatan berbagi yang logis, mempunyai perangkat lunak menerjemahkan di antara lokal dan alamat global. Sistem menyukai ini umumnya DSM dipanggil (Dibagikan Ingatan Berbagi) sistem. Di aplikasi kinerja rendah kita dapat mengijinkan perangkat lunak taraf pengguna untuk menerapkan DSM dan TCP penggunaan / IP untuk pesan. Tapi kalau kinerja tinggi perlu perubahan fundamental harus dibuat, sistem pesan taraf rendah lagi harus ditemukan / mempergunakan dan hal-hal seperti coscheduling harus diterapkan. Tidak pergi selanjutnya ke dalam ini, kita dapat menyimpulkan bahwa kompleksitas dari pendekatan lagi dan melayani cenderung untuk banyak menurut perbandingan dengan kinerja.



Intranet – Perbedaan utama di antara satu Intranet dan seikat adalah itu satu Intranet perkenalkan
heterogeneity ke dalam sistem, itu juga menyajikan masalah dengan pemberian administrasi terpisah naik ke sistem harus merundingkan kebijakan konflik (sistem pada satu Intranet diasumsikan terpusat diurus). Masalah lain adalah kekurangan dengan pengetahuan global. Ini adalah mustahil untuk apapun sistem untuk mempunyai pengetahuan akurat yang global sekitar sistem berbeda berkata. Memusatkan administrasi memberikan keuntungan yang ini sederhanakan jaminan sekuritas dan sistem menyukai Lingkungan Perhitungan Terdistribusi (DCE), DCOM dan CORBA dapat dengan sukses berlaku bagi Intranet. Program di sistem ini umumnya menciptakan proses secara manual, tapi agak hubungkan ke “ jasa itu “ encapsulate ” sumber daya perangkat keras.



 










 



Figur 1: Contoh di CORBA

Interaksi terjadi melalui RPC (Prosedur remote Panggil) atau doa cara remote, model yang mempunyai jadi satu standar di remote “ panggil berfungsi.

Melayani seperti “ area lebar mengarsipkan sistem ” teknologi juga dapat diterapkan dengan sukses pada satu Intranet, DFS (Bagikan Sistem Berkas) mungkin maya yang paling terkenal sistem berkas. Sistem menyukai ini memperkenalkan jasa yang biasanya jalir batas untuk terbatas gudang sekunder oleh sistem operasi. Misalnya kurban petabytes dari penyimpanan pada jaringan memandu f:\ (Sungguhpun Windows memaksakan pembatasan pada ukuran pemutar cakram data tidak lebih besar dibandingkan x bytes). Sistem berkas maya juga mempertimbangkan data disalin, mengamankan akses dan membuat sistem lebih lindungi terhadap rugi data (misalnya., di
kasus dari kegagalan pemutar cakram data).

Sehubungan dengan semakin sedikit lingkungan terjamin, sistem menyukai Yang Kerberos telah tingkatkan, menawarkan jaminan sekuritas dan satu struktur pengesahan persatuan sepanjang Intranet.

Internet – adalah sistem yang paling silang selimpat dan adalah berkarakter oleh satu kekurangan dengan kontrol terpusat, distribusi besar geografis dan terbitan internasional. Pada satu Internet kita tidak dapat mempercayakan pada keberadaan dari satu penjadwal umum dan harus oleh karenanya eksplorasi alternatif lain. Satu strategi umum untuk menyelesaikan masalah ini sedang mempergunakan satu “ ” grid pencari sistem. Satu sistem yang memperbolehkan, sering kosong, komputer berhubungan dengan satu semacam penjadwal global, memanggil manajemen bengkak urat. Bengkak urat manajemen menerapkan pekerjaan kepada komputer cocok itu pekerjaan saat ini pengekangan.  Teknologi lagi menyukai Legiun dan Globus dikembangkan, memperlakukan penyelenggara menyukai objek pada satu pertunjukan berorientasi objek biasa.



Apa mendekati   diperlukan   untuk kembangkan   computational   grid?

Hari ini grid dikembangkan dengan mandiri dan sering di bahasa tingkat rendah seperti di asembler. Ini
pekerjaan adalah sering mahal, susah untuk sesuaikan ke aplikasi lain seperti halnya sistem grid lain. Mereka sering rapuh. Pembangunan dari grid secara internasional bakukan. Pembangunan juga harus dilakukan dalam modul lebih kecil, seperti dengan protokol berbeda lapisan yang adalah landasan dari Internet hari ini. Sesuatu dapat membagi pengembang ke dalam tiga kelas, yaitu grid, alat, dan pengembang aplikasi.

Pengembang grid kembangkan protokol dan menghasilkan perpustakaan rutin. Tantangan di sini adalah untuk menghasilkan satu perpustakaan protokol yang yang akan bekerja baik dengan banyak teknologi dasar (misalnya., jenis berbeda jaringan). Perpustakaan juga harus memenuhi beberapa permintaan berbeda dari pengembang alat, membuat ini susah untuk memberikan tiap-tiap kinerja berbeda terbaik permintaan, sementara pada waktu yang sama pengakomodasian teknologi dasar yang berbeda. Di sana akan oleh karenanya jadi satu pertempuran di antara keadaan umum dan kinerja. Ini adalah sangat penting untuk membakukan semua protokol sangat pengembang alat mengetahui bagaimana yang mereka dapat menerapkan pekerjaan mereka.

Pengembang alat memusatkan pada satu sistem berkembang itu akan mengambil dengan alamat hal-hal utama itu harus berada untuk mempergunakan berbagai aplikasi. Jaminan sekuritas harus diambil dengan alamat, hal-hal menyukai pengesahan dan kerahasiaan yang harus diterapkan. Mereka juga mengembangkan cara untuk pembayaran, yaitu sangat penting di antara lain atas permintaan grid. Akhirnya mereka juga mengembangkan cara untuk menemukan dan mengorganisir sumber daya dan keterangan. Liputi yang komunikasi, pelacakan kesalahan dan banyak lagi yang lain hal-hal. Pengembang alat harus beradaptasi protokol mereka untuk mencocokkan protokol yang dikembangkan oleh pengembang grid dan
juga ingat-ingat permintaan dari pengembang aplikasi. Segalanya harus dibakukan sangat itu pengembang aplikasi dengan mudah dapat membuat penggunaan dari kemampuan dari layert alat. Pengembang alat juga harus memberitahukan pengembang aplikasi implementasi yang dapat semakin kinerja lebih tinggi atau lebih rendah.

Akhirnya di situ adalah pengembang aplikasi yaitu mengandaikan pergunakan semua cara mereka perlu dari taraf alat untuk membuat program aplikasi spesifik untuk pemakai akhir. Aplikasi itu dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah keras untuk pemakai akhir. Tantangan untuk pengembang aplikasi sedang menemukan algoritma terpecah itu satu tugas ke dalam ribuan tugas lebih kecil yang dapat ditangani secara terpisah dan untuk membuat tugas mengerjakan efisien dengan lapisan alat. Untuk pemakai akhir ini hanya akan menjadi penting untuk menyelesaikan satu permintaan sementara ini adalah kurang penting untuk pengguna untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya.



Apa itu dibutuhkan   untuk computational   grid untuk jadi   satu umum   jasa?


Seperti didiskusikan lebih awal di sana adalah banyak kemungkinan dan keuntungan hebat untuk mempunyai satu grid infrastruktur computational. Tapi di situ juga banyak kesulitan untuk mengatasi sebelum satu grid akan sebagai alami ke penggunaan seperti daya listrik. Terdapat beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi sebelum orang-orang dan perusahaan akan mempergunakan ini pada satu besar-besaran. Salah satu parameter adalah itu jasa yang harus ketergantungan, yang berarti yang jasa selalu mematuhi idaman dan inti parameter seperti jaminan sekuritas, availabilitas dan kerahasiaan.
Kebutuhan detik adalah konsistensi, yang berarti yang tiap-tiap lapisan harus dibakukan. Antarmuka standar membuat sederhana ini dan murah ke perbuatan aplikasi lagi.
Hal keras adalah untuk keseimbangan ketinggian kinerja dan homogenitas. Sejak aplikasi berbeda memerlukan teknologi dasar yang berbeda untuk mengerjakan terbaik, satu kebutuhan ke teknologi berbeda encapsulate dekati pada standar yang sama. Yang untuk menciptakan ilusi yang ini adalah homogen. Tapi ini adalah sangat susah untuk memperoleh kinerja terbaik bagi setiap aplikasi.
Kebutuhan terakhir untuk grid adalah bahwa ini harus murah, sementara pada waktu yang sama sampaikan tinggi
kinerja. Dibandingkan ke pemakai akhir sesuatu daya listrik dapat mempergunakan sangat kecil kekuatan untuk uang kecil, walau ini berasal dari sangat mahal pembangkit tenaga listrik. Membuat pembayaran baru untuk sesuatu kekuatan konsumsi.

Untuk membuat grid umum computational di situ harus beberapa pengaruhi dari Politik dan organ akta itu secara internasional untuk membakukan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar