Senin, 28 Maret 2011

Ciri Seorang Supervisor, Tugas dan Fungsi Supervisi


Ciri – ciri seorang supervisor yang baik

1. Memiliki ciri – ciri pribadi sebagai yang baik
2. Memiliki pembawaan kecerdasan yang tinggi
3. Pandangan yang luas mengenai proses pendidikan
4. Berkepribadian yang menyenangkan
5. Melaksanakan human relation yang baik
6. Cinta pada anak – anak
7. Harus cakap memimpin kelompok menurut prinsip – prinsip demokratis
8. Memiliki keteguhan hati
9. Merupakan pemimpin sumber dalam segala bidang yang mengenai supervisi sekolah
10. Berwibawa, tanggung jawab, pekerja keras, ramah tapi tegas, serta jujur


Fungsi – fungsi supervisi

1. Membantu guru – guru dalam memahami keadaan dan kebutuhan siswanya
2. Membantu guru agar memiliki kemampuan dalam mengembangkan kecakapan pribadi
3. Membentuk moral kelompok yang kuat dan mempersatukan guru dalam satu tim yang efektif
4. Bekerja sama secara akrab
5. Bersahabat serta saling menghargai satu sama lain
6. Meningkatkan mutu pembelajaran
7. Kegiatan memimpin dan membimbing
8. Sebagai pemicu atau penggerak terjadinya perubahan pada unsur yang terkait pada pengajaran

Tugas – tugas supervisi

1. Menghadiri pertemuan – pertemuan organisasi profesional
2. Mendiskusikan metode – metode mengajar
3. Mengadakan rapat – rapat kelompok
4. Membimbing guru – guru dalam menyusun dan mengembangkan sumber – sumber pengajaran
5. Memberikan saran – saran bagaimana melaksanakan pengajaran
6. Mengorganisasi dan bekerja sama dengan kelompok guru – guru
7. Menulis dan mengembangkan materi – materi kurikulum
8. Membimbing pelaksanaan program – program testing
9. Menulis artikel – artikel tentang pendidikan
10. Menilai dan Menyeleksi buku – buku untuk perpustakaan guru.
11. Bekerja sama dengan konsultan – konsultan kurikulum
12. Melakukan classroom visitation
13. Menyiapkan laporan – laporan tertulis
14. Bertindak sebagai konsultan di dalam rapat
15. Berwawancara dengan guru – guru dan pegawai untuk mengetahi pandangan dan harapan
      mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar