Senin, 28 Maret 2011

Pengertian, Scope, dan fungsi-fungsi pokok administrasi pendidikan


Administrasi pendidikan adalah rencana, pengorganisasian, kurikulum, pengawasan, pengarahan, yang menyangkut bidang pendidikan khususnya diselenggarakan disekolah-sekolah.

Administrasi pendidikan atau administrasi sekolah sama saja, namun administrasi pendidikan mencakup administrasi sekolah. keduanya saling berkaitan karena sama-sama memiliki satu tujuan yaitu, memperbaiki bidang pendidikan namun ada juga perbedaannya dimana, administrasi pendidikan memiliki makna yang luas, fungsi administrasi yaitu mencanangkan managemen pendidikan agar sesuai dengan rencana yang ingin dicapai, selain itu dapat meneliti masalah-masalah atau pekerjaan-pekerjaan yang dapat dilakukan, mengumpulkan data dan informasi-informasi yang diperlukan.


Administrasi pendidikan dapat meliputi :
1.) Tata Usaha
2.) Guru
3.) Siswa
4.) Kurikulum
5.) Sarana dan Prasana
6.) Humas
7.) Supervisi Pengajaran

Fungsi-fungsi pokok administrasi pendidikan dapat disimpulkan sebagai berikut :
A)   Perencanaan
Dimana suatu kegiatan yang harus dilakukan harus sesuai tujuan yang diinginkan, dan itupun harus dilakukan pada permulaan dan selama kegiatan administrasi itu berlangsung.

B)   Pengorganisasian
Ialah tugas utama bagi para kepala sekolah, dimana kepala sekolah harus memiliki kecakapan, keterampilan, dan tanggung jawab.

C)   Pengoordinasian
Ialah untuk mengatasi batas-batas perencanan maupun batas-batas personel.

D)   Komunikasi
Yaitu dimana suatu program atau rencana dilaksanakan dengan aktivitas menyebarkan dan menyampaikan gagasan-gagasan keseluruh sturktur organisasi.

E)   Supervisi
Yaitu pengawasan, dimana pendidikan memerlukan pengawasan yang bertanggung jawab tentang kefektifan program itu.


F)    Kepegawaian
Kepegawaian ini sangat penting, karena aktivitas kepegawaian ialah menentukan, memilih, menempatkan, dan membimbing personel.

G)   Pembiayaan
Dimana semua perencenaan membutuhkan pembiayaan demi kelancaran berjalanya suatu organisasi.

H)   Penilaian
Sebuah penilaian menjadi sangat penting sebagai aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan di dalam proses keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar