Senin, 28 Maret 2011

Sedikit Tentang Supervisi


Supervisi ialah suatu aktifitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan personel sekolah lainnya dalam melakukan pekerjaan mereka secara efektif. Fungsi supervisi dalam pendidikan bukan hanya sekadar kontrol melihat apakah segala kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan digariskan, tetapi lebih dari itu. Dalam dunia pendidikan diindonesia supervisi mengandung pengertian demokratis. Supevisi  bersama – sama guru – guru, bagaimana cara memperbaiki proses belajar mengajar.




Jadi, dalam kegiatan supervisi guru – guru tidak dianggap pasif, melainkan diperlakukan secara partner bekerja yang pengalaman – pengalamannya yang perlu didengar dan dihargai serta diikutsrtakan didalam usaha – usaha perbaikan pendidikan.



Sesuai dengan rumusan burton, maka kegiatan atau usaha – usaha yang dilakukan dalam rangka pelaksanaan supervisi dapat disimpulkan sebagai berikut.



a.) Membangkitkan dan merangsang semangat guru – guru dan pegawai sekolah lainnya dalam  menjalankan tugasnya masing – masing dengan sebaik – baiknya.

b.) Berusaha mengadakan dan melengkapi alat – alat perlengkapan termasuk macam – macam media instruksional yang diperlukan bagi kelancaran jalannya proses belajar mengajar yang baik.

c.) Bersama guru – guru, berusaha mengembangkan, mencari dan menggunakan metode – metode baru dalam proses belajar mengajar yang lebih baik.

d.) Membina kerja sama yang baik dan harmonis antara guru, murid, dan pegawai sekolah lainnya.

e.) Berusaha mempertinggi mutu dan pengetahuan guru – guru dan pegawai sekolah, antara lain dengan mengadakan workshop, seminar, inservice-training, atau up-grading.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar