Selasa, 29 November 2011

Pemodelan dengan Blender

Pada pembuatan desain meja ini menggunakan aplikasi Blender 2.49 untuk Windows. Pada awal pembuatan dalam desktop Windows klik icon Windows yang ada di kiri bawah desktop/toolbar untuk masuk kedalam Start Menu, lalu klik icon Blender untuk masuk kedalam aplikasi Blender.

Setelah itu akan muncul tampilan layar desain kotak-kotak dengan sebuah objek yaitu cube dengan posisi pandang atas objek. Untuk membuat sebuah meja, dapat digunakan langsung cube yang sudah ada ketika aplikasi terbuka. Langkah pertama ubah posisi pandang menjadi posisi depan dengan menekan tombol 1 pada NumLock. Kemudian klik kanan cubenya lalu tekan S untuk Scale dan Z untuk meng-scale dengan titik z. Gerakan mouse untuk mengubah ukuran dan buat hingga cube terlihat tipis.



Selanjutnya untuk pembuatan kaki meja dapat diinsert sebuah cube lagi dengan meng-klik kanan pada layar kemudian pilih Cube dari pop up menu yang muncul dari Add dan Mesh.


Lalu setelah cube baru berhasil dibuat, lakukan hal seperti sebelumnya yaitu membuat cube terlihat tipis dari sudut pandang depan dengan cara menekan tombol S untuk Scale dan Z untuk meng-scale dari titik Z. Kemudian ubah lagi sudut pandang menjadi sudut pandang atas dengan menekan tombol NumLock 7 dan lakukan hal yang sama yaitu buat cube terlihat tipis kembali seperti sebuah tongkat. 



Kaki untuk meja tentunya pasti akan berdiri dengan posisi vertical, maka dari itu tekan tombol R dan geraka mouse untuk meRotate cube hingga berdiri dengan posisi vertical. Sebuah meja memiliki 4 buah kaki, jadi duplikat kaki meja yang telah dibuat sebanyak 3 buah dengan menekan Shift+D. Setelah itu pasang ke cube yang pertama kali dibuat hingga membentuk sebuah meja.



Untuk melihat hasil akhir pembuatan, render dengan menekan tombol F12


Tidak ada komentar:

Posting Komentar