Minggu, 07 Oktober 2012

Sedikit tentang E-Commerce

Bicara soal internet bukan hanya bicara soal mendownload dan menggunakan situs jejaring social, tetapi internet juga bias digunakan untuk hal lain seperti untuk urusan pemerintahan seperti E-Government. Namun masih ada lagi kata yang tidak akan asing ditelinga pengguna internet dengan awalan E(Electronic).

E-Commerce, dari namanya orang-orang pasti akan langsung mengartikannya sebagai fasilitas jual beli. Ya e-commerce atau perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi atau jaringan komputer lain yang melibatkan transfer dana elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Awalnya perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoices secara elektronik. Kemudian ia berkembang menjadi suatu aktifitas yang memunyai istilah yang ;ebih tepat, “Perdagangan Web”. Pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protocol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.

Sebuah e-commerce bias bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produknya saja, tetapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisai bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang menarik, menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah, menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas, menyediakan beberapa bonus, penawaran istimewa, dan penyediaan komunitas forum diskusi akan mempermudah kegiatan e-commerce.

Namun e-commerce ini tentu saja tidak akan berjalan dengan mulus seperti jalanan yang baru saja diaspal, e-commerce memiliki beberapa masalah seperti penipuan dengan cara pencurian identitas dan penjual yang membohongi pelanggan. Dan sampai saat ini hokum yang ada masih kurang berkembang untuk e-commerce.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar