Desain grafis yang diartikan sebagai komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi dapat dihubungkan dengan pemodelan grafik yang berkaitan dengan grafik komputer. Dimana pemodelan yang membentuk sketsa suatu objek dibuat atau dikerjakan didalam komputer.
Dalam perkembangannya, grafis komputer, atau biasa disebut CG, telah membuat user dapat berinteraksi dengan mudah dengan komputer, dan lebih baik untuk memahami dan menafsirkan berbagai jenis data. Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang besar pada banyak jenis media dan telah merevolusi industri dibidang animasi dan video game. Istilah komputer grafis telah digunakan dalam arti luas untuk menggambarkan segala sesuatu pada komputer yang bukan berupa teks atau suara.
Saat ini, komputer grafis menghasilkan segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Hasil dari grafik komputer dapat dilihat di acara televisi, di koran, dsb. Grafis yang dibuat dengan baik dapat mepresentasikan hal yang terlihat sulit menjadi suatu hal yang mudah dan dapat dipahami. Grafik juga dapat digunakan dalam media seperti laporan, tesis, serta tugas-tugas penulisan lainnya. Dalam perkembangannya ini juga telah banyak software yang diciptakan untuk mendukung komputer grafis atau CG. Perangkat-perangkat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu 2D, 3D, dan animasi. Karena teknologi berkembang pesat kebanyakan digunakan adalah perangkat 3D, tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer grafis 2D. Oleh karena itu Komputer Grafis telah muncul sebagai sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.
Software-software pendukung yang ada dan populer digunakan diantaranya adalah :
|
Adobe Photoshop |
|
Corel Draw |
|
Macromedia Flash |
|
Macromedia Dreamweaver |
|
3DS MAX |
|
Ms. FrontPage |
|
Google SketchUp |
|
AutoCad |
|
Blender |
|
Maya |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar